Tingkatkan Produksi Dengan Urine Sapi

Tidak ada komentar 35 views

Pemanfaatan limbah / kotoran ternak khususnya sapi pada lahan pertanian merupakan salah satu alternatif yang sangat tepat untuk mengatasi penggunaan pupuk kimia berlebihan. Upaya tersebut sebaiknya dilakukan petani secara optimal demi perbaikan kondisi lahan.

Melalui dekomposisi bahan-bahan organik atau perombakan senyawa yang komplek menjadi senyawa yang sederhana dengan bantuan mikro organisme. Bahan dasar pupuk tersebut tentunya kotoran sapi, selain tersedia banyak di petani juga memiliki kandungan nitrogen dan potassium, di samping itu kotoran sapi merupakan kotoran ternak yang baik untuk kompos.

Desa Leppangang Kecamatan Patampanua memiliki potensi untuk pembuatan pupuk organik. Hal ini dapat dilihat dari beberapa petani yang memiliki ternak sapi. Berkaca pada Potensi tersebut, Arsyad seorang petani merasa tertantang untuk mengolah limbah ternaknya menjadi pupuk kompos dan pupuk cair. Dalam hal pemanfaatan Kotoran Sapi sebagai bahan dasar pembuatannya. Kegiatan ini sudah dilakukannya selama 2 tahun.

Arsyad telah hadir sebagai refresentasi petani muda di Leppangang. Selama ini paradigma petani menganggap urine sapi hanya limbah. Namun Arsyad telah memanfaatkannya menjadi pupuk cair yang berkualitas dan bisa diandalkan untuk menggantikan pupuk kimia.

“Secara efektif pemanfaatan urine sapi sebagai pupuk cair sudah dua tahun saya lalukan, dan hasilnya luar biasa. Tanaman padi tumbuh subur, dan hasilnya memuaskan” ungkap Arsyad, Senin (03/09) seperti dilansir Kabar Distanhorti.

Dia mengatakan upaya yang dia lalukan telah mengubah paradigma petani tentang urine sapi. Ada banyak keuntungan yang diperoleh dengan pemanfaatan urine sapi ini, salah satunya mampu menekan biaya produksi petani.

Kemudian dengan telah terwujudnya pemanfaatan limbah ternak di Desa Leppangang ini, harapannya dapat menjadi solusi bagi petani. Selain itu, dengan mendayagunakan kotoran sapi tersebut, maka akan berimplikasi pada kemandirian dan kemajuan petani.

Akhirnya dengan menyadari bahwa kegiatan ini masih hal baru bagi sebagian petani, maka diperlukan arahan dan bimbingan dari semua stakeholder yang kompeten dengan hal termaksud, guna meningkatkan kualitas serta kemampuan petani.

(JP)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Tingkatkan Produksi Dengan Urine Sapi"