Tingkatkan Kemampuan Manajerial Pelaku Usaha, Dinas Pertanian Gelar Pelatihan Analisis Usahatani

KABARDISTANHORTI-PINRANG. Sebanyak 35 peserta yang merupakan pelaku usaha tani dari 12 Kecamatan di Kabupaten Pinrang mengikuti Pelatihan Analisis Usaha Tani di Aula Dinas Pertanian dan Hortikultura, Selasa (08/10/2019).

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pertanian pada bidang penyuluhan tersebut mencakup tiga jenis usaha tani, meliputi tanaman pangan, palawija dan hortikultura.

”Tentunya pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan manajerial para pelaku usaha tani dan agribisnis. Kami berharap agar para petani mampu menghitung biaya-biaya produksi yang dikeluarkan mulai dari persiapan dan pengolahan lahan, pembelian benih, pembelian pupuk, pemberantasan hama, dan lain-lain. Selain itu, petani juga mampu menghitung pendapatan yang diperoleh dari usahataninya” ungkap Kabid Penyuluhan, Kamaruddin Yakub dalam arahannya.

Lebih lanjut Kamaruddin mengungkapkan agar selisih perhitungan pendapatan yang diperoleh dan pengeluaran bernilai positif. Diimbau juga kepada petani untuk memperoleh pendapatan lain/usaha sampingan sehingga dapat menunjang penghasilan guna meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Sementara itu, selaku narasumber pada pelatihan tersebut berasal dari Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan serta dari KTNA.(JP)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Tingkatkan Kemampuan Manajerial Pelaku Usaha, Dinas Pertanian Gelar Pelatihan Analisis Usahatani"