Sukses Kembangkan Bawang Merah, Kini Lembang Mulai Kembangkan Bawang Putih

Pinrang dikenal memiliki sumber daya alam yang beragam untuk dikembangkan, dimana dibeberapa lokasi secara agroklimat sesuai untuk budidaya bawang putih. Khususnya di kecamatan di wilayah utara yang merupakan daerah yang berbatasan dengan Polman karena  memiliki ketinggian yang cukup.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Pertanian dan Hortikultura Pinrang Andi Tjalo Kerrang dalam sambutannya pada acara Tanam Perdana Bawang Putih bertempat di Kelompok Tani Buttuloka Kelurahan Betteng Kecamatan Lembang, Rabu (05/12).

Penanaman bawang putih ini merupakan program Dinas Pertanian Pinrang yang dikembangkan di wilayah kaki bukit dengan total luas 1 hektar. Lebih lanjut Andi Tjalo mengatakan bahwa selama ini pasokan bawang putih itu berasal dari luar daerah, “tentunya dengan adanya penanaman bawang putih ini setelah nantinya dipanen dan berhasil mampu memenuhi kebutuhan swasembada pangan di sektor bawang untuk di Kabupaten Pinrang, sebab dengan demikian akan menumbuhkembangkan potensi bawang yang ada di Pinrang” ungkapya.

Lanjut Andi Tjalo bahwa ada tiga unsur yang perlu diperhatikan saat ingin bercocok tanam bawang. “Tiga hal tersebut yaitu kondisi tanah yang subur, kawasan tinggi dari permukaan laut, dan suhu yang memungkinkan untuk bercocok tanam bawang ini, tiga unsur tersebut sangat penting demi menetapkan potensi yang ada di daerah kita khususnya di Betteng Kecamatan Lembang ini” ungkapnya.

Menandai Pencanangan Tanam Perdana Bawang Putih di Lembang ini, Andi Tjalo didampingi Kepala Bidang Hortikultura, Masrul Agus, PPK Lembang, Said serta PPL. Turut hadir pula unsur TNI dan Polri serta tokoh masyarakat setempat.

(JP)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Sukses Kembangkan Bawang Merah, Kini Lembang Mulai Kembangkan Bawang Putih"