Stimulus Bantuan Benih Berhasil Bangkitkan Minat Petani

Sebagai upaya dalam menumbuhkan partisipasi dan minat petani agar lebih tertarik dalam budidaya bawang merah, Pemerintah Daerah Kabupaten Pinrang melalui Dinas Pertanian dan Hortikultura memberikan stimulus berupa bantuan benih kepada petani. Kebijakan stimulus  diberikan kepada kelompok tani yang punya potensi untuk dikembangkan, khususnya untuk usahatani bawang merah. Salah satunya adalah kelompok tani Kalijodo, Kelurahan Betteng Kecamatan Lembang.

Langkah tersebut sebagai komitmen Pemerintah Daerah dalam menjamin kesejahteraan petani. “Kami berkomitmen bahwa upaya peningkatan kesejahteraan petani harus menjadi muara dari setiap penyusunan kebijakan dan program di sektor pertanian. Bantuan untuk pengembangan bawang merah khususnya di Lembang ini, sudah kita panen, hasilnya memuaskan. Ungkap Kepala Dinas Pertanian Pinrang, Andi Tjalo Kerrang saat panen bawang merah di Lembang, Kamis (08/11).

Pihaknya mengupayakan berbagai program untuk wujudkan peningkatan pendapatan petani melalui kerangka kebijakan yang menumbuhkan minat petani. “Kami melakukan kegiatan-kegiatan prioritas berdasarkan potensi yang dimiliki oleh petani. Dari evaluasi yang kita lakukan selama ini, kendala yang paling besar yang dihadapi petani adalah ketersediaan benih, setelahnya adalah pendampingan” lanjutnya.

Andi Tjalo juga menegaskan bahwa bantuan benih sejatinya hanya sebagai stimulus agar petani lebih giat bercocok tanam dan meningkatkan produksi pertanian. “Tentunya kami berharap agar petani tidak ketergantungan terhadap bantuan, karena bantuan hanya bersifat stimulus dalam mendorong, meningkatkan produksi dan meringankan beban biaya petani,” pungkasnya.

(JP)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Stimulus Bantuan Benih Berhasil Bangkitkan Minat Petani"