Rapat Koordinasi Di Dinas Pertanian, Semua Penyuluh Dihadirkan

Sebagai upaya dalam mewujudkan kabupaten yang berdaya saing dan sejahtera, Pemerintah Daerah Kabupaten Pinrang melalui Dinas Pertanian dan Hortikultura terus mengupayakan peningkatan pembangunan pertanian. Salah satunya melalui sinkronisasi kegiatan pada rapat koordinasi yang digelar di Aula Pertemuan Dinas Pertanian, Rabu, (10/10). Rapat koordinasi diantara semua petugas ini, dititikberatkan pada sumber daya manusia (SDM) aparatur penyuluh sebagai garda terdepan dalam pendampingan program dan delivery informasi teknologi.

Rapat koordinasi ini pula sebagai salah satu bagian dari metode kerja dalam penyelenggaraan penyuluhan di Kabupaten Pinrang, mengingat Dinas Pertanian saat ini terdiri atas dua unsur jabatan; yaitu Jabatan Struktural sebagai pengendali kebijakan program dan anggaran, serta unsur jabatan Fungsional yang bertanggungjawab dalam penerapan teknologi, menyiapkan bahan rekomendasi anjuran, penerapan teknologi spesifik lokasi.

Rapat koordinasi yang digelar tersebut menghadirkan seluruh Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian, PPK serta penyuluh.

Pada kesempatan tersebut, dalam arahannya, Kepala Dinas, Andi Tjalo Kerrang mengingatkan kepada seluruh penyuluh agar masing-masing bertanggungjawab atas program dan pencapaian sasaran program, bergerak sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing dengan tetap mengedepankan koordinasi, sinkronisasi dan sinergitas.

“Tidak ada alasan untuk tidak bekerja maksimal, sekarang PPL ditunjang dengan Tambahan Penghasilan, harus dibarengi dengan peningkatan kinerja. Terkait adanya beberapa keluhan dari BPP yang kekurangan PPL, akan diupayakan rasionalisasi, siap-siap saja, kedepan akan kami tempatkan sesuai kebutuhan” ungkapnya.

Demi terjalinnya koordinasi dan sinergi dalam setiap upaya pencapaian program, Kepala Dinas juga menekankan pentingnya komunikasi antara penyuluh pertanian dengan pejabat struktural sehingga data dan informasi dapat diketahui dan diinterpretasi dengan persepsi yang sama.

Sebagai pengantar memasuki sesi tanya jawab, diawali dengan paparan-paparan dari masing-masing kepala bidang terkait program-program yang berjalan dan yang akan segera terlaksana.

Pada kesempatan tersebut, PPK Duampanua, Burhanuddin Hasan mengeluhkan adanya beberapa kegiatan yang belum terkoordinasi dengan baik, sehingga sebagai petugas lapang, sering mengalami kesulitan terutama dalam pelaporan perkembangan capaian program.

(JP)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Rapat Koordinasi Di Dinas Pertanian, Semua Penyuluh Dihadirkan"