Pinrang Siap Implementasi Kartu Tani

Tidak ada komentar 47 views

Dinas Pertanian dan Hortikultura Kabupaten Pinrang menjadi pelaksana sosialisasi Kartu Tani, Kamis (05/04) pagi. Sosialisasi digelar di Aula Pertemuan Dinas Pendidikan, diikuti tiga kebupaten meliputi Pinrang, Pare-Pare dan Sidrap, dengan peserta meliputi distributor pupuk bersubsidi, petugas kabupaten serta tim verifikasi pupuk subsidi tiap kecamatan.

“Kartu Tani ini secara umum berfungsi untuk acuan data dan merupakan alat bantu untuk menjamin ketersediaan dan distribusi pupuk bersubsidi agar diterima secara benar oleh petani yang berhak,” ujar Kadistanhorti, Andi Calo Kerrang saat membuka sosialisasi.

Dikatakan Andi Calo, berdasarkan Peraturan Presiden No.15/2011, pupuk bersubsidi ditetapkan sebagai barang dalam pengawasan sehingga penyaluran dan peredarannya harus sesuai ketentuan. Pupuk bersubsidi bukan barang dagangan biasa karena penyalurannya terus diawasi pemerintah yang jika melanggar ketentuan ada sanksinya.

Lebih lanjut, Andi Calo mengharapkan dengan adanya Kartu Tani itu penyaluran diharapkan mencapai enam tepat, yakni tepat mutu, tepat jenis, tepat jumlah, tepat harga, tepat tempat dan tepat waktu.

Sementara itu, Kepala Bidang PSP Distanhorti Pinrang, Hj. Nureni ditemui di ruang kerjanya selepas sosialisasi mengungkapkan bahwa manfaat dari kepemilikan kartu tani diantaranya memperoleh kepastian ketersediaan sarana produksi pertanian (saprotan) bersubsidi/non-subsidi, termasuk distribusi pupuk. Selain itu, mendapatkan kemudahan akses pembiayaan.

“Pemilik kartu tani mendapatkan kemudahan subsidi dari program-program yang dijalankan berbagai kementerian. Terkait hal tersebut, kami berharap agar petugas yang telah kami tunjuk agar dapat merampungkan pendataan petani, KTP serta Nomor Kartu Keluarga petani tersebut” tutup Hj. Nureni.

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Pinrang Siap Implementasi Kartu Tani"