Petani Jagung Sukses dari Marannu

Tidak ada komentar 101 views

Muhammad Rais, pemuda 30 tahun dari Marannu Kecamatan Mattirobulu, sukses dengan usahatani jagung. Pria muda yang akrab disapa Ichies tersebut menegaskan prinsipnya bahwa, orang muda harus berani menentang arus untuk maju ke depan. Kondisi ini dibuktikannya dengan menjadi sosok petani muda yang tergolong sukses karena mampu meningkatkan pendapatannya dengan cara melakukan optimalisasi lahan sehingga bisa panen tiga kali dalam setahun, melalui penerapan teknologi terutama pompanisasi di lahan jagungnya.

Sebagai seorang petani muda, Ichies telah memiliki pengetahuan pertanian yang baik terutama tentang jagung. Hal tersebut diperolehnya dari kegigihan belajar usaha tani, baik dari penyuluh pertanian maupun dari buku-buku pertanian dan internet yang dia pelajari sendiri. Dia bahkan berani mengajak petani di kelompoknya untuk ramai-ramai menanam jagung. Alasannya sederhana, tanaman jagung memberikan hasil panen yang tinggi dan tanaman jagung tidak memiliki banyak hama dan penyakit.

Berkat ketekunan dan kerja kerasnya, Ichies telah membuktikan dirinya sebagai petani sukses. Tak tanggung-tanggung, kini ia dapat meraup 40 juta rupiah dalam satu kali panen, dengan areal seluas sekitar 2 hektar.

Kisah sukses Ichies bermula sekitar 8 tahun lalu. Saat itu ia baru merintis usaha sebagai petani jagung dengan modal lahan milik orang tuanya. Akhirnya dengan pencapaian hasil panen yang tinggi, lelaki lulusan pesantren tersebut memperluas lahan garapannya dengan mengerjakan lahan orang lain, dan mulai membeli lahan baru.

Saat musim panen yang lalu, Ichies mendapatkan harga 3.300 /kg, dengan varietas yang ia tanam adalah Bisi 18. Penghasilan yang besar tidak membuatnya lupa diri, ia selalu meluangkan waktu dan kelompok taninya agar bisa maju dan sukses bersama-sama.

Ichies memiliki harapan besar terhadap pertanian di Indonesia, ia berharap benih jagung selalu tersedia dengan kualitas yang bagus. Alasannya benih jagung yang bagus memiliki hasil panen lebih tinggi dan berkualitas, sehingga petani terutama petani jagung di kelompoknya bisa hidup lebih baik dan sejahtera.

Secara mandiri, ia menyatakan bertani sangat menjanjikan hasilnya jika dibanding hanya menjadi pegawai. Namun, itu semua perlu dilakukan dengan tiga syarat utama: serius, tekun, dan berdoa.

(JP)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Petani Jagung Sukses dari Marannu"