Penyuluh Pertanian Di Pinrang Ikuti Pelatihan PRA

KABARDISTANHORTI-PINRANG. Dinas Pertanian dan Hortikultura Kabupaten Pinrang melalui Bidang Penyuluhan dan Agribisnis, melaksanakan Pelatihan Pendalaman Metode Participatory Rural Appraisal (PRA) pada kegiatan Revitalisasi Klinik Pertanian Terpadu bagi Penyuluh Pertanian di Kabupaten Pinrang, diikuti sekitar 50 penyuluh pertanian yang berasal dari 12 Balai Penyuluhan Kecamatan di Kabupaten Pinrang.

Pelatihan ini dijadwalkan berlangsung selama 2 hari yaitu tanggal 18 s.d 19 September 2019 yang bertempat di aula Dinas Pertanian dan Hortikultura Pinrang.

Pelatihan Parcipatory Rural Appraisal tersebut diharapkan menjadi tools evaluasi yang dilakukan secara partisipatif dengan melibatkan komponen-komponen yang ada di petani sebagai pelaku utama. Tools ini membantu penyuluh dan petani dalam menggali informasi, identifikasi masalah, analisis sosial-ekonomi, dan generalisasi berkaitan dengan perencanaan pembangunan pertanian melalui kegiatan Klinik Pertanian, pelaksanaan serta evaluasi dari rencana kegiatan tersebut.

Kepala Dinas Pertanian dan Hortikultura Pinrang, melalui Kepala Bidang Penyuluhan, Kamaruddin Yakub saat membuka acara, Rabu (18/09/2019) mengatakan bahwa pelatihan PRA ini dilaksanakan setiap tahun secara bergilir untuk penyuluh. Pihaknya mengharapkan agar dalam pelatihan kali ini para peserta benar-benar mendalami tentang PRA dan alat-alat yang digunakan untuk melaksanakan PRA sehingga segala permasalahan disektor pertanian yang ada di Pinrang ini dapat terpecahkan. (JP)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Penyuluh Pertanian Di Pinrang Ikuti Pelatihan PRA"