Penyuluh Harus Berperan Penting dalam Perubahan Perilaku Petani


PINRANG- Di tengah arus informasi dan teknologi yang begitu pesat saat ini, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) tidak boleh kehilangan peran. PPL harus lebih maksimal sebagai delivery informasi saat ini.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Pinrang, Andi Tjalo Kerrang saat menghadiri pertemuan pembinaan penyuluh pertanian lapangan di BPP Paleteang, Jumat (4/3/2022).

“Terdapat tiga point penting yang harus disentuh melalui pendekatan penyuluhan kepada petani. Yaitu aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap. Ketiga hal ini harus diupayakan oleh penyuluh. Makanya penyuluh punya peran penting untuk perubahan perilaku petani” ungkap Andi Tjalo.

Kegiatan pembinaan para penyuluh pertanian tersebut merupakan agenda rutin sebagai upaya peningkatan kapasitas sumberdaya tenaga penyuluh pertanian dalam melaksanakan kegiatan pendampingan di wilayah kerja masing-masing.

Melalui kegiatan ini, Andi Tjalo juga mengevaluasi aspek teknis yang telah dilaksanakan oleh para penyuluh yang terkait dengan capain kinerja.

“Kinerja penyuluh saat ini harus lebih terukur, semua point kegiatan dilaporkan setiap hari, dan kinerja itu sudah terencana dengan indikator-indikator capaian masing-masing. Jadi hasil pekerjaannya harus terlihat pada perubahan yang dihasilkan” lanjutnya.

Pihaknya juga berharap melalui kegiatan pembinaan rutin yang dilakukan, komunikasi, koordinasi dan persamaan persepsi antar semua penyuluh pertanian dapat berjalan dengan baik sehingga penyuluhan pertanian berjalan efektif dan efisien dan tentunya mencapai tujuan bersama dalam keberhasilan pembangunan pertanian di Kabupaten Pinrang.

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Penyuluh Harus Berperan Penting dalam Perubahan Perilaku Petani"