Peningkatan Nilai Tambah Produk Hortikultura, Distanhorti Lakukan Hal ini

Sebagai upaya dalam peningkatan nilai tambah terhadap hasil komoditi hortikultura, kini komoditi tersebut sudah melewati beberapa penanganan hingga kemasan yang menarik. Dinas Pertanian dan Hortikultura Kabupaten Pinrang melalui Seksi Pengolahan dan Pemasaran Hasil Hortikultura terus melakukan pendampingan terhadap Kelompok Wanita Tani termasuk pemberian beberapa bantuan alat pengolahan kepada kelompok yang ada.

Ditemui saat acara Pasar Tani yang digelar di CFD Lasinrang Park, Minggu (04/03) Kasi Pengolahan dan Pemasaran Hasil Hortikultura, Hj. Eryanty mengungkapkan bahwa beberapa bantuan sarana sudah diberikan kepada kelompok tani, mulai dari alat pengiris bawang, wajan, keranjang buah, dan lainnya. Alat-alat tersebut kini sudah dimanfaatkan para kelompok penerima.


“Kami akan terus melakukan pendampingan kepada kelompok, selain bantuan sarana yang kami berikan, kami juga mengadakan pelatihan-pelatihan kepada mereka termasuk pengolahan hasil, sehingga hasil panen mereka bukan hanya dijual langsung, tapi melewati pengolahan hingga kemasan agar dapat meningkatkan nilai ekonominya” ungkap Hj. Eryanty.

Sementara itu, Hj. Eryanty memaparkan bahwa tingkat permintaan terhadap produk siap saji yang selama ini dijajakan pada kegiatan pasar tani terus meningkat. Hal tersebut mengindikasikan bahwa produk yang dihasilkan oleh para kelompok telah diterima oleh masyarakat.

Demikian pula penuturan ketua kelompok wanita tani Bunga Dahlia, Mardiana dari Kelurahan Mattirodeceng, Tiroang yang selama ini aktif dalam kegiatan pasar tani tersebut. Mardiana mengakui bahwa bantuan kepada kelompoknya sudah dimanfaatkan, beberapa produk yang mereka hasilkan, kini dipasarkan di pasar tani.

“Alhamdulillah, kelompok kami sudah memanfaatkan bantuan tersebut, mulai dari pemberian benih sayuran dan alat pengolahan. Namun kami terus berharap agar kegiatan-kegiatan pelatihan kepada wanita tani terus dilaksanakan” ungkapnya.

“Pengolahan hasil hortikultura itu bisa memberi nilai lebih, setidaknya dua kali lipat, jika dibandingkan hanya dijual sebagai hasil pertanian mentah” tutup mardiana.

(JP)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Peningkatan Nilai Tambah Produk Hortikultura, Distanhorti Lakukan Hal ini"