Penguatan Fungsi BPP Sebagai Simpul Koordinasi

Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian dan Hortikultura Kabupaten Pinrang, Kamaruddin Yakub terus mendorong Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) untuk meningkatkan peran terutama koordinasi dan evaluasi Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL). Hal tersebut diungkapkan saat berkunjung di BPP Tiroang, Sabtu (18/08).

“Balai Penyuluhan Pertanian perlu diperkuat disertai dengan pengoptimalan peran penyuluh pertanian untuk menyikapi perkembangan dinamika yang dihadapi dalam penyelenggaraan penyuluhan” ungkapnya.

Lebih lanjut Kamaruddin mengatakan, evaluasi dan koordinasi sangat perlu dilakukan antara Bidang Penyuluhan dengan Balai Penyuluh Pertanian (BPP) serta PPL yang ada di tiap kelurahan/desa.

“Fungsi BPP perlu diperkuat kembali sebagai tempat pertemuan para penyuluh, terutama pada hari sabtu. Begitu juga pelaku utama dan pelaku usaha dalam penyelenggaraan penyuluhan dan diharapkan lebih meningkatkan fungsi penyebarluasan informasi dan teknologi pertanian secara cepat, efektif dan efisien, untuk dapat memfasilitasi akses petani terhadap sumber-sumber informasi pengendalian hama dan teknologi pertanian,” kata Kamaruddin.

Menurut Kamaruddin, kelembagaan penyuluhan pertanian di tingkat kecamatan dan desa perlu dihidupkan dan ditumbuhkembangkan, termasuk memperkuat balai penyuluhan sebagai simpul koordinasi.

(JP)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Penguatan Fungsi BPP Sebagai Simpul Koordinasi"