Menarik Minat Konsumen, Desain Kemasan Produk di Pasar Tani Makin Keren

Pemerintah Daerah Kabupaten Pinrang melalui Dinas Pertanian dan Hortikultura terus menggencarkan pemasaran hasil pangan untuk membantu peningkatan kesejahteraan para petani.

Salah satu cara yang dilakukan adalah pengemasan produk. Hingga saat ini, puluhan produk yang sudah menggunakan kemasan menarik yang dijajakan di setiap gelaran Pasar Tani di halaman kantor Dinas Pertanian dan di Car Free Day Lasinrang Park.

Belasan Kelompok Wanita Tani ikut berpartisipasi menjajakan produk olahan hasil pangan pertanian hingga saat ini.   Pengemasan produk pangan tersebut sebagai upaya pengamanan terhadap bahan pangan, baik yang belum diolah maupun yang telah mengalami pengolahan, agar dapat sampai ke tangan konsumen dengan baik secara kuantitas maupun kualitas.

“Pengemasan memang bukan yang utama namun memegang peranan penting dalam mendapatkan hati konsumen untuk memilih produk tertentu. Hal ini juga mempengaruhi penampilan produk sehingga menarik konsumen, sangat penting untuk menjaga keawetan dan higienitas produk. Kami terus mengupayakan pendampingan kepada petani, baik melalui bantuan peralatan pasca panen maupun pelatihan-pelatihan pengemasan produk pangan” ungkap Kepala Dinas Pertanian, Andi Tjalo Kerrang saat memantau pelaksanaan pasar tani, Kamis (15/11) di depan Kantor Dinas Pertanian Pinrang.

Lebih lanjut Andi Tjalo mengungkapkan bahwa pendampingan petani tidak hanya sebatas sektor budidaya, namun yang lebih penting adalah pemasaran hasil panen. “Kami berharap agar pasar tani menjadi ajang promosi yang membantu para petani memasarkan hasil olahan, mengingat selama ini petani kita sering kesulitan dalam menjual hasil panen. Kami juga harapkan ada perimbangan dengan harga pasar sekaligus meningkatkan perekonomian mereka,” tutupnya.

(JP)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Menarik Minat Konsumen, Desain Kemasan Produk di Pasar Tani Makin Keren"