Maksimalkan Pengendalian Tikus, Kadis Pertanian : Kuncinya Petani Berperan Aktif

KABARDISTANHORTI-PINRANG. Gerakan pemberantasan hama tikus yang dicanangkan Bupati Pinrang, Irwan Hamid sejak pekan lalu, terus dimaksimalkan di beberapa kecamatan. Kegiatan tersebut terus digenjot untuk meminimalisasi serangan tikus saat ini. Bupati meminta para petani untuk bekerja sama secara serempak memberantas hama tikus.

Kepala Distanhorti Pinrang, Andi Tjalo Kerrang yang ditemui di ruang kerjanya, Selasa (11/06/2019) siang menjelaskan bahwa pengendalian hama tikus ini dilaksanakan di sejumlah titik. “Berdasarkan pantauan kami sampai siang ini, beberapa titik pengendalian berhasil mengendalikan tikus sampai ratusan ekor dengan lokasi pangendalian yang hanya mencapai ratusan meter, terutama pada tanggul-tanggul saluran” ungkapnya.

Pengendalian ini dilakukan dengan cara mencari sarang-sarang tikus. Kemudian menyiram air pada lubang tersebut yang sebelumnya ditutupi dengan jaring.

Lebih lanjut Andi Tjalo menjelaskan bahwa  kegiatan pengendalian yang melibatkan PPL dan petani tersebut hanya menggunakan peralatan sederhana. “Petani gunakan pompa air, ember, jaring, kayu pemukul. Dengan menyusuri tanggul saluran. Hal ini sangat efektif dan berhasil menangkap ratusan tikus pada masing-masing lokasi pengendalian. Kuncinya adalah mengajak petani untuk berperan aktif” tutupnya.

(JP)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Maksimalkan Pengendalian Tikus, Kadis Pertanian : Kuncinya Petani Berperan Aktif"