Layanan Panggilan Klinik Pertanian

Tidak ada komentar 37 views

Pemanfaatan Klinik Pertanian Keliling Dinas Pertanian dan Hortikultura Kabupaten Pinrang terus dimaksimalkan. Kini pengembangannya mengarah pada layanan pangilan klinik pertanian yang petugasnya menangani berbagai permasalahan di tingkat tani.

Petugas klinik keliling ini siap membantu petani yang memiliki masalah dengan pertaniannya. Cukup hubungi melalui petugas/ buser / PPL serta telepon, petugas tim pelayanan klinik segera datang ke lokasi.

Guna memudahkan pekerjaan tim klinik tersebut, mereka dapat dihubungi melalui panggilan dari call center di 085213627600 yang terkoneksi dengan aplikasi WhatsApp.

“Mobil ini berkeliling ke lokasi-lokasi yang mengalami masalah pertanian,” kata Kepala Seksi Perlindungan Tanaman Dinas Pertanian dan Hortikultura, Sukur saat berkunjung ke BPP Tiroang, Kamis (30/07).

Dijelaskan Sukur, mobil klinik tersebut tugasnya membantu petani yang menemui kesulitan. Para petani melaporkan permasalahan yang mereka hadapi, kemudian petugas mempersiapkan tindakan penanganan. Mobil klinik akan meluncur ke lokasi dengan membawa sarana dan prasarana pengendalian yang dibutuhkan sesuai dengan permasalahan.

Petugas lapangan dan kelompok tani bersama-sama melakukan penanganan tindakan penanganan. Klinik pertanian ini juga mengedukasi petani terkait permasalahan yang dialami.

Seperti di Kecamatan Tiroang, terdapat petani yang mengeluh karena serangan hama wereng, klinik pertanian ke lokasi sambil mengangkut pestisida yang dibutuhkan petani. Di lokasi, selain menangani masalah, petani juga diajarkan bagaimana menangani masalah tersebut. Usai pembasmian terhadap wereng itu pun, perkembangannya akan terus dipantau.

“Secara terjadwal kami juga akan turun kembali ke lokasi tersebut untuk melihat perkembangan tanaman setelah proses pembasmian dilakukan,” lanjut Sukur.

“Karena itu harus tanggap terhadap komoditas pangan yang strategis ini. Jika petani punya permasalahan, tugas klinik untuk membantu mencarikan solusinya. Ini soal bagaimana kami hadir lebih cepat bagi petani. Keberadaan mobil klinik ini akan membantu mempercepat pelayanan. Jalan satu-satunya adalah dengan jemput bola,” terang Sukur.

(JP).

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Layanan Panggilan Klinik Pertanian"