Kuncinya pada benih dan pupuk

Tidak ada komentar 64 views

Fajar : Kuncinya pada benih dan pupuk

Sukses menjadi petani karena berani menerapkan hal-hal baru telah dibuktikan oleh Fajar, pria berusia 40 tahun, anggota kelompok tani Harapan Bangsa Kelurahan Lalengbata, Paleteang.

Fajar mengawali usaha taninya dengan lahan 0,50 hektar pada tahun 2012. Dalam waktu kurang dari 5 tahun, ayah dua anak ini telah menggarap 2,5 hektar lahan sawah yang berada di Mamminasae dan Lalengbata.

Bukan hanya produksinya yang tinggi di setiap panennya, Fajar di kelompok dan lingkungannya telah tampil menjadi sosok ”petani contoh” para petani dalam urusan mengadopsi teknologi pertanian. Berbagai uji coba penanaman benih padi varietas baru, pola pertanaman, hingga pemupukan kerap dilakukan di lahan Fajar.

”Saya selalu menggunakan teknologi pertanian baru. Setiap kali ada benih varietas baru, begitu juga dengan nutrisi tanaman terutama unsur mikro, saya selalu mencoba di lahan saya” katanya.

Fajar yang juga sebagai Ketua Komunitas Tani Sulawesi Selatan (KTSS) Pinrang ini bercerita, awal dia menekuni usaha tani pada tahun 2012 hanya dengan modal tanah garapan milik orangtuanya seluas sekitar 0,5 hektar. Anak pertama dari enam bersaudara ini lalu memutuskan untuk menggarap sawah orang lain melalui sistem gadai dan bagi hasil. Karena produksinya selalu meningkat, akhirnya fajar bisa membeli sawah sendiri.

Kunci peningkatan produksi yang Fajar terapkan adalah penggunaan pupuk pembedah tanah (humic acid), unsur hara mikro yang meliputi zinc, boron, dan silica. Penggunaan unsur-unsur tersebut, diakui Fajar dapat mengurangi penggunaan pupuk hara makro (NPK), sehingga ketergantungannya terhadap pupuk subsidi mulai berkurang.

Kunci keberhasilan selanjutnya adalah penggunaan varietas, Fajar mengakui bahwa varietas yang digunakan harus memiliki potensi produksi yang tinggi. Musim Tanam April – September 2017, Fajar memperoleh hasil panen sekitar 9 ton dengan menggunakan varietas Diah Suci. (JP)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Kuncinya pada benih dan pupuk"