Kelompok Penerima UPPO Ikuti Pelatihan

Tidak ada komentar 58 views

Dinas Pertanian dan Hortikultura Kabupaten Pinrang melaksanakan Pelatihan bagi kelompok tani penerima manfaat bantuan peralatan Unit Pengolahan Pupuk Organik (UPPO), rabu (11/04). Pelatihan ini dilaksanakan di Aula Pertemuan Distanhorti dan prakteknya dilaksanakan di kelompok tani Pammase Dewata Desa Amassangang Kecamatan Lanrisang.


Upaya untuk memaksimalkan program UPPO tersebut bertujuan untuk meningkatkan produktivitas pertanian melalui perbaikan kesuburan lahan. Pada tahun 2017 di alokasikan sebanyak sembilan unit yang tersebar pada beberapa kecamatan di Kabupaten Pinrang.

Unit Pengolah Pupuk Organik (UPPO) dilengkapi dengan: rumah kompos, alat pengolah pupuk organik, ternak, kandang komunal, bak fermentasi dan kendaraan roda tiga.

Kepala Bidang Tanaman Pangan Distanhorti Pinrang Ir. Hj. Dahariah, M.Si dalam arahannya saat membuka pelatihan mengungkapkan bahwa tujuan dari kegiatan UPPO tersebut adalah menyediakan fasilitas terpadu pengolahan bahan organik (limbah ternak, sampah organik) menjadi kompos (pupuk organik), mengoptimalkan pemanfaatan limbah kotoran hewan yang dimiliki kelompok sebagai bahan baku kompos (pupuk organik), membantu petani dalam memenuhi kebutuhan pupuk organik, mensubstitusi kebutuhan pupuk an-organik, memperbaiki kesuburan dan produktivitas lahan pertanian, serta melestarikan sumberdaya lahan pertanian dan lingkungan.

Fasilitasi atau stimulan yang diberikan pemerintah untuk pelaksanaan kegiatan pengembangan unit pengolah pupuk organik tersebut, melalui mekanisme penyaluran melalui “transfer uang” ke rekening penerima bantuan.

Beras Organik Pinrang

Pengemasan Beras Organik

“Kegiatan Uppo ini harus berjalan sesuai tujuannya. Kami berharap nantinya pupuk yang dihasilkan dapat dimanfaatkan dengan baik. Seharusnya setiap kelompok punya lahan sawah yang memang untuk budidaya padi organik. Kami akan kembangkan padi organik ini, sekarang permintaannya sudah banyak dan memang produk kita sudah mendapat sertifikasi” terang Hj. Dahariah.

(JP)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Kelompok Penerima UPPO Ikuti Pelatihan"