Kadistanhorti : Bukan Cuma Padi, Durian Juga Ada

Kabupaten Pinrang bukan hanya terkenal dengan sebutan lumbung padinya, destinasi wisata agro pun tumbuh beriringan dan melengkapi berbagai lanskap keindahan alamnya.

Di Kecamatan Lembang, tepatnya di Desa Benteng Paremba tersembunyi surga para pecinta raja buah-buahan, yaitu kebun durian, rambutan dan beberapa buah lainnya. Keberadaan destinasi wisata tersebut mulai memincut hati warga kabapaten tetangga untuk datang ke lokasi tersebut.

Potensi durian yang akan menjelma menjadi destinasi wisata inilah yang menurut Andi Calo Kerrang, Kepala Dinas Pertanian dan Hortikultura Kabupaten Pinrang, membuat Kabupaten Pinrang menjadi sangat menarik untuk dikunjungi. “Di sektor tanaman buah-buahan, durian Benteng Paremba walaupun belum terlalu dikenal, namun memiliki ketenaran sendiri dan menjadi bagian unggulan kita” kata Andi Calo di tengah kunjungannya di Benteng Paremba Jumat (23/02).

Keunggulan durian di Kecamatan Lembang tersebut adalah cita rasanya yang berbeda dengan durian daerah lainnya, pecinta durian pun mulai berdatangan ke Lembang saat musim petik seperti saat ini.

Keberadaan durian Lembang saat ini akan terus dipromosikan. “Ini akan kita promosikan, termasuk di pasar tani yang kami gelar dan diikutkan saat pameran-pameran, durian ini akan menjadi sumber penghasilan petani. Terminologi produk unggulan ini adalah lahan yang luas, ini menjadi sumber penghasilan petani. Yang perlu kita perhatikan adalah akses untuk menjangkau lahan-lahan durian tersebut” sambung Kadistanhorti.

Dengan konteks tersebut, durian disinergikan dengan geliat pariwisata yang kini mulai berkembang di Kecamatan Lembang. Konsep-konsep inilah yang membuat daerah ini akan menjadi surga bagi para pecinta durian yang juga bisa menikmati panorama keindahan alam di sekitarnya.

Kunjungan ke Lembang tersebut juga menghadiri acara Temmubulung atau doa syukuran yang dilaksanakan oleh petani setempat secara turun temurun saat tanaman padi mulai berisi.

(JP)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Kadistanhorti : Bukan Cuma Padi, Durian Juga Ada"