Kadis Pertanian Tinjau Lokasi Pengerukan Saluran di Paleteang

Mengantisipasi luapan air dari saluran tersier yang membentang di Amassangang Kelurahan Lalengbata, Paleteang, Pemerintah Kabupaten Pinrang melalui Dinas Pertanian dan Hortikultura Kabupaten Pinrang akan melakukan program pengerukan (normalisasi).

Kepala Dinas Pertanian, Andi Tjalo Kerrang meninjau ke lokasi pengerukan saluran yang berada di kelompok tani Harapan Bangsa tersebut, Senin siang (01/10). Material dari pengerukan saluran sendiri, akan digunakan untuk perbaikan dinding saluran yang mulai menipis.

Saluran tersier yang berada di Amassangang tersebut kerap menjadi keluhan petani di kelompok tani tersebut, lantaran luberan airnya, apalagi saat musim hujan. 

“Kondisinya sudah mendangkal oleh banyaknya lumpur yang mengendap serta terdapat sampah di sepanjang saluran tersier tersebut,” ungkap Andi Tjalo di lokasi kunjungan.

Menurut Ketua Kelompok Tani Harapan Bangsa, Tarakka, bahwa saluran tersier tersebut sudah lama tidak pernah dilakukan perbaikan, kini dirinya dan petani menyambut gembira upaya yang dilakukan Dinas Pertanian Pinrang. Tarakka juga berharap pengerukan ini bisa terus berjalan.

“Banyak keluhan petani datang ke kami, sebagai pengurus kelompok tani, diantaranya tentang air meluber di saluran, setelah kami usulkan, kami bersyukur karena sudah akan dilakukan pengerukan” tuturnya.

Selanjutnya pihaknya akan terus berupaya menjaga saluran tersier tersebut berfungsi dengan baik, diantaranya kerja bakti rutin disaluran tersier tersebut saat awal musim tanam.

“Kami akan mengajak semua anggota kelompok tani untuk menjagannya (saluran tersier), agar tetap bersih dari sampah” pungkasnya.

(JP)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Kadis Pertanian Tinjau Lokasi Pengerukan Saluran di Paleteang"