Kadis Pertanian Pinrang Menantang Pemuda Tani Untuk Terapkan Pertanian Moderen

Peluang meraih kesuksesan bagi pemuda tani sangat terbuka, mengingat dunia pertanian membutuhkan regenerasi untuk mengelola sektor ini karena kebanyakan anak petani cenderung memilih profesi di luar sektor pertanian sehingga sumber daya manusia pada sektor ini semakin berkurang seperti diungkapkan Kepala Dinas Pertanian dan Hortikultura Pinrang, Andi Tjalo Kerang saat menyerahkan bantun transplanter (mesin tanam padi) kepada kelompok tani, Kamis (15/11).

Pemberian bantuan kepada pemuda tani melalui kelompok tani ini dilakukan untuk menarik generasi muda kembali ke sektor pertanian. Pihaknya mengungkapkan bahwa dengan penerapan teknologi moderen terutama alat tanam, kegiatan bertani menjadi lebih mudah, menarik, menyenangkan dan juga akan menghasilkan produksi yang lebih banyak. 

Arsyad, pemuda tani dari Patampanua melakukan pesemaian untuk alat tanam

“Teknologi yang kami berikan ini sangat bermanfaat, sekarang ini tenaga tanam sangat berkurang. Kami berharap agar transplanter dapat menjadi solusi. Sudah banyak transplanter yang kami serahkan, tentunya dengan harapan dapat termanfaatkan dengan maksimal” harapnya.

Bantuan mesin tanam tersebut dinilai sebagai alternatif solusi di tengah keberadaan buruh tanam padi yang terus berkurang.

“Selama ini, petani yang melakukan tanam pindah tak jarang harus menunda masa tanam karena menunggu giliran buruh tanam. Suplai buruh tanam terus berkurang, sementara tenaga mereka sangat dibutuhkan. Makanya perlu solusi untuk mengatasi kondisi tersebut, yakni menghadirkan mesin penanam padi,” lanjutnya.

Menurutnya, ketergantungan terhadap buruh tanam padi yang tidak diimbangi alih generasi sering kali membuat proses tanam terganggu. Penundaan itu menjadi kerugian ekonomi bagi petani karena pemanfaatan lahan yang tidak maksimal. Dengan mesin tanam, waktu dan biaya diharapkan bukan soal lagi. Hingga saat ini, sudah belasan pemuda tani di Pinrang yang mendapat bantuan alat tanam dengan mekanisme melalui kelembagaan kelompok tani.

(JP)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Kadis Pertanian Pinrang Menantang Pemuda Tani Untuk Terapkan Pertanian Moderen"