Kadis Pertanian Ajak Kaum Millenial Untuk Bertani

Berdasarkan data yang dihimpun dari Dinas Pertanian dan Hortikultura Kabupaten Pinrang melalui bidang yang menangani kelembagaan petani bahwa sektor pertanian di Pinrang masih didominasi kaum tua. Keterlibatan para generasi muda baru mencapai kisaran 38%. Hal ini menunjukkan bahwa sektor pertanian masih dipandang oleh generasi muda sebagai pekerjaan yang kurang prestisius. 

Namun, Kepala Dinas Pertanian dan Hortikultura, Andi Tjalo Kerrang justru melihat hal tersebut sebagai sebuah keuntungan tersendiri bagi siapa pun yang memilih profesi sebagai petani. Terutama, di era digital seperti sekarang ini.

Ditemui di ruang kerjanya, Selasa (06/11). Andi Tjalo mengungkapkan bahwa sangat jarang petani yang ingin melahirkan generasi sebagai petani juga. 

“Seorang petani biasanya tidak ingin anaknya menjadi petani juga. Padahal sekarang ini, dengan kemudahan akses internet dan perkembangan teknologi yang semakin maju, kegiatan bertani jadi semakin mudah. Menjadi petani adalah pekerjaan mulia, disamping itu, petani adalah seorang manajer untuk usahanya sendiri, mulai bagaimana merencanakan usahataninya, menentukan sarana yang digunakan dan mengatur hal lainnya” ungkapnya.

Sektor pertanian dinilainya tidak akan pernah mati. Karena setiap manusia membutuhkan pangan. Oleh karena itu, petani dipastikan akan terus dapat menjalankan usahataninya.

Lebih lanjut Andi Tjalo mengungkpkan bahwa aktifitas bertani sekarang menjadi semakin praktis dengan adanya mesin-mesin yang dapat menunjang dan memudahkan pekerjaan petani. Bahkan, untuk sekedar pemenuhan kebutuhan sehari-hari, jika tidak memiliki lahan yang cukup untuk bertani, bisa memanfaatkan lahan sempit di halaman atau pekarangan rumah (urban farming) dengan menggunakan teknologi-teknologi misalnya vertikultur dan aquaponik.

“Saat ini, generasi muda yang saat ini makin populer disebut kaum milenial diharapkan punya ketertarikan untuk menjadi generasi penerus di sektor pertanian” tutupnya.

(JP)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Kadis Pertanian Ajak Kaum Millenial Untuk Bertani"