Gerdal Tikus Bersama Petani, Kadis Pertanian : Gotong-Royong Adalah Identitas Kita

KABARDISTANHORTI-PINRANG. Petani di sejumlah desa/kelurahan pada beberapa kecamatan di Kabupaten Pinrang bergotong-royong dalam kegiatan Gerakan Pengendalian Hama Tikus yang menyerang sawah mereka dalam dua bulan terakhir. Cara pengendalian tikus seperti ini dinilai lebih efektif dibandingkan dengan cara lainnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Hortikultura Kabupaten Pinrang yang melakukan pemantauan pada beberapa lokasi kegiatan mengungkapkan bahwa gotong-royong yang terjalin ini sekaligus melahirkan kebersamaan yang kuat antar petani. Dengan kebersamaan, petani menjadi lebih kuat dan mampu menghadapi permasalahan yang muncul. 

“Jika kita berkaca pada masa lalu, banyak sekali kita menemukan budaya gotong royong. Mulai dari kerja bakti yang seringkali dilakukan petani terutama menjelang turun sawah, misalnya pembersihan saluran. Budaya gotong-royong adalah identitas kita, budaya gotong royong agar terus kita pertahankan” ungkap Andi Tjalo di tengah-tengah petani di Kelurahan Salo Kecamatan Watang Sawitto, Senin (08/07/2019) pagi.

Kegiatan pengendalian yang dihadiri Kadis Pertanian tersebut, melibatkan para Penyuluh Pertanian Lapangan, Buser dan para anggota kelompok tani.

Lebih lanjut Andi Tjalo menuturkan bahwa semakin banyak petani yang terlibat dalam setiap kegiatan, maka akan semakin ringan pekerjaan dari masing-masing petani yang terlibat di dalamnya.

“Gotong-royong ini meringankan pekerjaan yang harus ditanggung oleh masing-masing petani, gotong royong juga menjadikan pekerjaan lebih efektif dan efisien” tutupnya. (JP)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Gerdal Tikus Bersama Petani, Kadis Pertanian : Gotong-Royong Adalah Identitas Kita"