Excavator Siap Digunakan Petani

Tidak ada komentar 98 views

Pengembangan sektor pertanian di Kabupaten Pinrang terus menjadi perhatian pemerintah pusat. Kabupaten dengan potensi pengembangan pertanian yang memadai ini mendapatkan sejumlah alat dan mesin pertanian (alsintan) untuk digunakan petani dalam meningkatkan produksi pertanian.

Memasuki awal tahun 2018, Dinas Pertanian dan Hortikultura Kabupaten Pinrang mendapat satu unit excavator mini yang bersumber dari APBN Pusat untuk mendukung perbaikan infrastruktur persawahan di Bumi Lasinrang. Bantuan tersebut diberikan oleh Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian.

Kepala Dinas Pertanian dan Hortikultura, Andi Calo sangat mengapresiasi dan bersyukur dengan adanya bantuan tersebut, mengingat banyaknya infrastruktur yang harus dibenahi. “Excavator inilah nanti yang akan membantu petani dalam rangka perbaikan infrastruktur sawah, semua kelompok tani bisa menggunakan alat ini dengan tetap menjalankannya sesuai mekanisme dan teknis penggunaannya” ungkap Andi Calo, Selasa (16/01) saat uji coba excavator yang baru diterimanya.

Pihaknya memastikan bahwa peruntukan alat tersebut untuk pekerjaan infrastuktur persawahan, seperti memperbaiki petakan sawah, pembuatan saluran parit di areal persawahan. Pengalokasian bantuan alat tersebut juga kata Andi Calo tak terlepas dari perjuangan langsung ke Kementerian terkait. “Jadi ini menunjukan bahwa perhatian pemerintah pusat terhadap pengembangan sektor pertanian di Pinrang cukup besar” tegasnya.

Pihaknya juga sudah mengusulkan bantuan sejumlah alat pertanian ke Kementerian Pertanian RI, seperti mesin perontok padi yang cukup dominan diusulkan, agar memudahkan kerja petani di Pinrang.

(JP).

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Excavator Siap Digunakan Petani"