DPRD Pinrang Sarankan Agar Edukasi Pupuk Organik Terus Dimaksimalkan

Fungsi pupuk organik sangat penting untuk menjaga kualitas lahan sawah apalagi mengingat penggunaan pupuk kimia yang berlebihan bisa merusak kualitas tanah. Demikian pembahasan dalam rapat yang diselenggarakan oleh DPRD Kabupaten Pinrang bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Pinrang, Rabu (25/07). 

Agenda rapat tersebut adalah membicarakan aspirasi masyarakat Marawi Kecamatan Tiroang terkait penggunaan pupuk organik. Rapat dipimpin oleh anggota DPRD dari fraksi PPP, Andi Thamrin, didampingi 3 anggota DPR lainnya, Ir. Syamsuri, Andi Pallawagau Kerrang dan H. Hanafi. Turut hadir dalam rapat tersebut, Kepala Dinas Pertanian dan Hortikultura, Andi Calo Kerrang, Kepala Bidang PSP, Hj. Nureni, Kasi Pengawasan Pupuk dan Pestisida, PPK Tiroang, Distributor dan pengecer pupuk serta petani dari Marawi.

Pembahasan mengenai pupuk organik dalam rapat berlangsung alot, Andi Thamrin berharap agar sosialisasi untuk mengedukasi petani tentang pentingnya pupuk organik agar terus dimaksimalkan. “Pupuk organik memang penting untuk pertanian berkelanjutan, kami berharap agar dinas terkait mengusulkan anggaran untuk kegiatan ini dan kami akan maksimalkan” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Andi Calo juga mengungkapkan bahwa pupuk organik bermanfaat untuk memperbaiki kualitas lahan yang telah menurun akibat penggunaan pupuk anorganik. “berdasarkan hasil pengujian tanah dalam waktu terakhir, kandungan Bahan Organik dalam tanah, saat ini sangat  berkurang sehingga berakibat menurunnya daya serap tanaman terhadap asupan hara yang diberikan. Padahal normalnya jumlah kandungan Bahan Organik yang sehat adalah diatas 5 persen, dan salah satu penyebabnya penurunan ini adalah penggunaan pupuk anorganik secara terus menerus” paparnya.

Sementara itu, pihak distributor dan pengecer pupuk memberikan tanggapan mengenai adanya pengharusan pembelian pupuk organik di Marawi, hingga masyarakat mengadukan hal tersebut ke DPRD, bahwa hal tersebut hanya miskomunikasi, pihaknya berjanji akan segera menyelesaikan hal tersebut dengan segera. 

(JP).

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "DPRD Pinrang Sarankan Agar Edukasi Pupuk Organik Terus Dimaksimalkan"