Dinas Pertanian Pinrang Gelar Sinkronisasi Data Statistik

Rapat sinkronisasi data statistik tanaman hortikultura Kabupaten Pinrang yang membahas angka sementara tahun 2018 dilaksanakan di aula pertemuan Dinas Pertanian dan Hortikultura Kabupaten Pinrang, Selasa (04/12).

Kegiatan ini dihadiri oleh petugas data  hortikultura kabupaten, para Mantri Tani (PPK) serta Petugas Penyuluh Lapangan. Rapat dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pertanian dan Hortikultura Pinrang, Andi Tjalo Kerrang. Turut hadir pula, BPS Kabupaten Pinrang, Kabid Hortikultura, Ir. Masrul Agus, Kasi Pengembangan Hortikultura, Syamsul Alam. Dalam rapat tersebut, dipaparkan data hortikultura diantaranya sayuran dan buah-buahan semusim, buah-buahan dan sayuran tahunan, baik luas panen/tanaman menghasilkan dan jumlah produksinya untuk tahun 2018 dibandingkan dengan data ATAP 2017.

“Kegiatan sinkronisasi data statistik pertanian ini dilaksanakan dengan tujuan mensinkronkan data produksi tanaman hortikultura antara Dinas Pertanian dengan BPS sehingga menghasilkan satu data yang diterima semua pihak, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan validitasnya” ungkap Andi Tjalo.

Setiap komoditi dibahas apakah terjadi kenaikan atau penurunan, dan jika terjadi maka akan ditelusuri di kecamatan mana saja dan apa penyebab atau kendalanya. Untuk Kabupaten Pinrang sendiri terjadi kenaikan di komoditi sayuran dan buah semusim, diantaranya bawang merah, cabe besar, dan cabe rawit. Alasan yang sangat mendasar diantaranya di tahun 2018, harga komoditi tersebut bagus, sehingga mendorong petani untuk berlomba membudidayakannya serta iklim yang sangat mendukung, sehingga produktivitas tinggi.

Komoditi lain yang mengalami kenaikan adalah durian, karena banyak pohon yang dulunya belum menghasilkan,sekarang sudah mulai menghasilkan. Serta adanya bantuan bibit durian kepada petani.

(JP)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Dinas Pertanian Pinrang Gelar Sinkronisasi Data Statistik"