Dinas Pertanian Pinrang Berkunjung ke IPB

Tidak ada komentar 23 views

Sebagai upaya dalam peningkatan kualitas pelayanan Klinik Pertanian Mobile Dinas Pertanian dan Hortikultura Kabupaten Pinrang, sejumlah petugas klinik, Buser dan PPL berkunjung ke Departemen Proteksi Tanaman Institut Pertanian Bogor (IPB). Ada beberapa agenda dalam kunjungan tersebut, diantaranya adalah melihat langsung Klinik Pertanian Terpadu dan Klinik Tanaman yang ada di IPB. Kegiatan kunjungan tersebut direncanakan tiga hari, 19 – 21 September.

Melalui kunjungan tersebut, diharapkan memperoleh informasi tentang fungsi dan peran, serta masalah-masalah strategis yang dihadapi dalam pelayanan klinik pertanian. Diharapkan pula dari hasil kunjungan tersebut dapat dimanfaatkan untuk perkembangan kualitas layanan. 

Departemen Proteksi Tanaman IPB memang dikenal sejak lama dalam memainkan peranan penting mentransfer teknologi dalam pengembangan berbagai strategi pengendalian hama dan penyakit tanaman. Oleh sebab itu, departemen ini menjadi rujukan Dinas Pertanian dan Hortikultura Pinrang terkait pengendalian hama dan penyakit pada tumbuhan.

Ketua Departemen Proteksi Tanaman IPB, DR. Suryo Wiyono pada penerimaan kunjungan tersebut didampingi beberapa ahli pengendali hama menerima rombongan dengan hangat. Pihaknya juga sangat bersyukur ketika ada kunjungan karena dari kunjungan tersebut, mereka mendapat banyak masukan terkait hama tanaman pada berbagai wilayah.

Kamaruddin Yaqub selaku Kepala Bidang sekaligus ketua rombongan mengatakan, tujuan kegiatan adalah untuk menggali informasi terkait penanganan OPT terutama pada tanaman padi, yang erat hubungannya dalam kegiatan Klinik Pertanian Mobile yang ada pada seksi perlindungan tanaman. 

Selain mendapat materi, rombongan juga saling bertukar informasi mengenai pelaksanaan pelayanan klinik tersebut. Rombongan juga berkesempatan untuk mengunjungi Klinik Tanaman yang ada di IPB. Sebagai Klinik Tanaman yang dikelola secara profesional ini, memiliki teknologi serta beberapa hasil penelitian sehingga menghasilkan beragam rekomendasi penanganan OPT yang tepat. 

(JP)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Dinas Pertanian Pinrang Berkunjung ke IPB"