Dinas Pertanian Gelar Pelatihan APITUT Bagi Petani Dan Petugas Lapang

KABARDISTANHORTI-PINRANG. Sebagai upaya strategis dalam mengantisipasi terjadinya perubahaan iklim, Dinas Pertanian dan Hortikultura Kabupaten Pinrang menggelar Pelatihan Kegiatan Peningkatan Kapasitas Petugas dan Petani dalam Adaptasi Perubahan Iklim Tingkat Usaha Tani (APITUT). Kegiatan tersebut digelar di Kecamatan Mattirobulu, yang pelaksanaannya dijadwalkan 12 kali pertemuan, dimulai hari ini, Kamis (08/08/2019).

Pelatihan yang diikuti oleh 25 peserta yang terdiri dari 19 orang petani dan 6 orang petugas lapang tersebut, diharapkan mampu meningkatkan aspek pengetahuan peserta dalam menghadapi perubahan iklim terutama pada sektor usaha tani. Adapun narasumber yang terlibat adalah para petugas yang sebelumnya mengikuti Training Of Trainer (TOT).

Kadis Pertanian Pinrang, Andi Tjalo Kerrang saat membuka acara secara resmi mengungkapkan bahwa pentingnya para petugas untuk aktif mengakses informasi tentang iklim.

“Selain meningkatkan pengetahuan peserta tentang perubahan iklim, kegiatan ini juga untuk meningkatkan pemanfaatan infrastruktur yang telah dibangun,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Andi Tjalo mengatakan perubahan iklim tanpa tingkat adaptasi yang baik, akan mempengaruhi capaian produksi. “Persoalan kemarau seperti sekarang ini menyebabkan beberapa lokasi persawahan terancam kekeringan, hal yang demikian menjadi perhatian kita bersama” tutupnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Kabid PSP, Hj. Nureni, Kasi Pengembangan Lahan, Rapi Kebo, PPK Mattirobulu, Husain Kamaruddin, Narasumber, dan PPL. (JP)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Dinas Pertanian Gelar Pelatihan APITUT Bagi Petani Dan Petugas Lapang"