Bupati Pinrang Terima Penghargaan Kabupaten Terbaik I STBM award Tingkat Nasional

Kabupaten Pinrang meraih STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) Berkelanjutan Award sebagai Kabupaten Terbaik I Nasional untuk  Stop BABS (stop buang air besar) open defecation free ODF dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia di Auditorium Siwabessy Kemenkes RI di Jakarta, Rabu (02/10/2019).

Piagam penghargaan dan trhopy diserahkan langsung Menteri Kesehatan Nila F Moeloek dan diterima oleh Bupati Pinrang, H. Andi Irwan Hamid.

Seusai menerima penghargaan tersebut, H. Andi Irwan Hamid mengungkapkan bahwa upaya pemerintah daerah dalam rangka mencapai target STBM, salah satunya adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang dampak dari BABS serta upaya agar masyarakat mendapatkan akses sanitasi yang layak.

“Ini adalah buah dari kerja yang maksimal, tentunya dengan merubah sikap dan perilaku masyarakat untuk bisa berperilaku hidup bersih dan sehat serta tidak BABS. Kami melakukan action secara bersama, baik pemicuan maupun monitoring dan evaluasi. Semua OPD bertanggung jawab di masing-masing kecamatan yang melibatkan semua unsur hingga tingkat kelurahan” ungkapnya.

Keberhasilan Kabupaten Pinrang dalam mecapai target ODF dan sukses dalam pelaksanaan program STBM tidak terlepas dari peran semua pihak.

H. Andi Irwan menambahkan, “Pencapaian ini membuktikan akselerasi sanitasi sejalan dengan STBM, melalui pendekatan yang baik. Diantaranya adalah dompet jamban dengan cara mengumpulkan dana untuk digunakan pembangunan jamban, serta arisan jamban dengan cara semua anggota membayar dengan nilai yang sama dan mendapatkan pembangunan secara bergiliran disetiap bulannya” tutupnya. (JP)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Bupati Pinrang Terima Penghargaan Kabupaten Terbaik I STBM award Tingkat Nasional"