Brigade Alsintan Bantu Petani

Tidak ada komentar 82 views

“Kami berharap agar brigade alsintan ini menjadi sebuah solusi terhadap adanya mesin-mesin yang dihibahkan ke kelompok tani selama ini, namun mayoritas tidak berumur panjang alias cepat rusak. Hal ini disebabkan kurangnya perawatan intensif. Selain itu juga terdapat kendala peminjaman pada masing-masing kelompok tani, dengan adanya brigade ini, diharapkan perawatan lebih intensif juga pengaturan peminjaman lebih teratur” ungkap Kepala Dinas Pertanian dan Hortikultura Kabupaten Pinrang, Andi Calo, saat membuka rapat koordinasi dan evaluasi brigade alsintan di ruang rapat distanhorti, selasa (23/01).

Brigade alsintan tersebut merupakan percepatan program mekanisasi pertanian, Dinas Pertanian dan Hortikultura merupakan pelaksana kegiatan di daerah. Program tersebut sebagai upaya untuk memberikan solusi pada petani yang kesulitan tenaga kerja ketika panen. Selain itu juga keberadaan alsintan dalam hal ini combine harvester bisa mengurangi biaya panen. Puluhan Alsintan tersebut sekarang sudah digunakan di semua kecamatan.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Tanaman Pangan Distanhorti Pinrang, Hj. Daharia, mengungkapkan bahwa mesin-mesin yang dikelola oleh brigade berasal dari pemerintah pusat dalam upaya memberikan kemudahan kepada petani dalam menjalankan usahataninya.

“Pengelolaan brigade kita ini mendapat pengakuan dari provinsi dan pusat. Sudah beberapa kabupaten tetangga yang datang ke Pinrang untuk belajar mengenai pengelolaan brigade kita. Kami berharap agar semua manajer dan operator agar lebih maksimal dalam menangani alsintan yang ada. Pembukuannya harap diperhatikan segala biaya-biaya dan pemasukannya agar terinci semua” tegas Hj. Daharia.

Brigade alsintan yang ada di Kabupaten Pinrang masing-masing menangani empat combine harvester.

(JP)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Brigade Alsintan Bantu Petani"