Ada Jamur Di Pasar Tani

Tidak ada komentar 31 views

Animo kelompok wanita tani dalam memperkenalkan produk unggulan yang mereka budidayakan terus meningkat. Salah satunya adalah Kelompok Wanita Tani Bahagia dari Kecamatan Mattirobulu dengan komoditi jamur tiram yang mereka perkenalkan pada gelaran Pasar Tani Distanhorti, Minggu (11/03) pagi.

Kepala Dinas Pertanian dan Hortikultura Kabupaten Pinrang, Andi Calo Kerrang mengungkapkan bahwa kegiatan Pasar Tani ini memang diharapkan menjadi sarana atau ajang promosi yang dapat membantu petani dalam memperkenalkan atau memasarkan produk.

“Jamur tiram tersebut punya peluang pasar yang bagus, hanya saja selama ini belum dikenal. Konsumen tidak tahu dimana untuk membeli produk tersebut, tentunya dengan kegiatan ini, produk-produk tersebut sudah kami perkenalkan, bahkan petani langsung bertemu dengan konsumen” ungkap Andi Calo.

Jamur tiram yang dikembangkan oleh Rahmawati, perempuan asal Mattirobulu tersebut, awalnya sulit dipasarkan bahkan dianggap beracun. Tapi kini hasil produksinya mulai tersebar luas.

Rahmawati melihat peluang usaha ini cocok dikembangkan di Pinrang, ia sangat bersyukur dengan kehadiran program pasar tani yang dapat mempromosikan produksinya.

Sementara itu, Pimpinan Pertanian Kecamatan (PPK) Mattirobulu Husain Kamaruddin, S.Pt mengungkapkan “kedepan kami akan lebih memberikan pendampingan, jamur tiram ini bukan hanya dipasarkan dalam bentuk mentahnya, kita akan dampingi agar KWT tersebut mengolahnya menjadi produk siap saji, seperti jamur crispy, sup jamur, dan sate jamur.

“Ibu-ibu yang tadinya mencari kutu di tangga atau di teras rumahnya, kini, lebih aktif karena disibukkan dengan usaha jamur” tutup Husain.

(JP)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Ada Jamur Di Pasar Tani"