Kementerian Pertanian Apresiasi Gerakan Pengendalian OPT di Pinrang


Kabardistanhorti-Pinrang. 
Gerakan pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) tikus yang terus dimaksimalkan di Kabupaten Pinrang, mendapat apresiasi dari Kementerian Pertanian. Hal tersebut disampaikan langsung oleh tenaga ahli Kementerian Pertanian, Ir. Firdaus Hasan saat menyaksikan langsung kegiatan tersebut pada Kamis (02/07/2020) di Desa Bunga Kecamatan Mattiro Bulu.

Kehadiran tenaga ahli dari Kementerian Pertanian tersebut juga dimaksudkan sebagai kunjungan lapangan untuk melihat langsung kegiatan usaha tani yang sedang berlangsung. Pada kesempatan itu, Ir. Firdaus Hasan juga menyerahkan bantuan kepada petani berupa pestisida untuk digunakan petani dalam mengendalikan populasi tikus.

Hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pertanian dan Hortikultura Kabupaten Pinrang, Andi Tjalo Kerrang, Kepala IP3OPT, Rahman Runa, Camat Mattirobulu, Kabid Penyuluhan Dinas Pertanian, Kamaruddin Yakub, dan Kasi Perlindungan Tanaman, Syukur, serta aparat pemerintah setempat.

Kepala Dinas Pertanian Pinrang, Andi Tjalo Kerrang di lokasi kegiatan menjelaskan bahwa pengendalian hama tikus ini dilaksanakan di sejumlah titik. “Berdasarkan pantauan kami sampai saat ini, beberapa titik pengendalian berhasil mengendalikan tikus dalam jumlah yang banyak, terutama pada tanggul-tanggul saluran” ungkapnya.

Lebih lanjut Andi Tjalo menjelaskan bahwa  kegiatan pengendalian yang melibatkan PPL, buser dan petani tersebut, selain menggunakan emposan tikus, biasanya juga menggunakan peralatan sederhana. “Petani gunakan pompa air, ember, jaring, kayu pemukul. Dengan menyusuri tanggul saluran. Hal ini sangat efektif dan berhasil menangkap ratusan tikus pada masing-masing lokasi pengendalian. Kuncinya adalah mengajak petani untuk berperan aktif” tutupnya. (JP).

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Kementerian Pertanian Apresiasi Gerakan Pengendalian OPT di Pinrang"